Suatu soal atau pertanyaan merupakan suatu masalah apabila soal atau pertanyaan tersebut menantang untuk diselesaikan atau dijawab, dan prosedur untuk menyelesaikannya atau menjawabannya tidak dapat dilakukan secara rutin. Pemecahan masalah adalah proses yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Memperhatikan apa yang akan diperoleh siswa dengan belajar memecahkan masalah, maka wajarlah jika pemecahan masalah adalah bagian yang sangat penting, bahkan paling penting dalam belajar matematika.
Pemecahan masalah dapat dilakukan dengan cara menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola. Misalnya ketika kita mengamati suhu udara pada waktu yang berbeda, hasilnya juga berbeda. Seperti pada tabel di bawah ini.
Pengamatan Ke | Suhu Udara °C |
---|---|
1 | 28 |
2 | 30 |
3 | 32 |
4 | 34 |
Contoh lain:
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 2 |
2 | 4 |
3 | 6 |
4 | 8 |
Terdapat pola pada data masuk dan data keluar. Setiap data masuk dikalikan dengan 2 sehingga ketika data masuk adalah 1 maka data keluar 1 x 2 = 2. Jika data masuk 2, maka data keluar 2x2 = 4. Jadi disimpulkan bahwa hubungan data masuk dan data keluar adalah data keluar = data masuk x 2.
Lengkapi tabel di bawah ini dengan instruksi sebagai berikut!
Data masuk +12 dan data masuk x 9Lengkapi tabel di bawah ini dengan instruksi sebagai berikut!
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | 1 + 12 = 13 | 1 | 1 x 9 = 9 |
2 | 2 + 12 = 14 | 2 | 2 x 9 = 18 |
3 | 3 + 12 = 15 | 3 | 3 x 9 = 27 |
4 | 4 + 12 = 16 | 4 | 4 x 9 = 36 |
5 | 5 + 12 = 17 | 5 | 5 x 9 = 45 |
Lengkapi tabel di bawah ini instruksi berikut!
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | (1x 6) + 1 = 7 | 1 | (1+ 1) x 6 = 12 |
2 | (2 x 6) + 1 = 13 | 2 | (2 +1) x 6 = 18 |
3 | (3 x 6) + 1 = 19 | 3 | (3 + 1 ) x 6 = 24 |
4 | (4 x 6) + 1 = 25 | 4 | (4 + 1 ) x 6 = 30 |
5 | (5 x 6) + 1 = 31 | 5 | (5 + 1 ) x 6 = 36 |
Pak Ali mencari ikan di laut dengan menggunakan jaring. Setiap kali menjaring, Pak Ali biasanya mendapatkan 12 ekor ikan. Jika Pak Ali menjaring sebanyak 2 kali, berapakah ikan yang ia dapatkan? Pak Ali ingin mendapatkan 48 ekor ikan, berapa kali pak Ali harus menjaring? Bantulah Pak Ali menghitungnya!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 12 |
2 | 24 |
3 | 36 |
4 | 48 |
Perhatikan mesin pengolah data di bawah ini!
Setiap data yang masuk akan dikalikan 4 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 3, maka data yang akan keluar 12. Bagaimana jika data yang masuk 7? Berapa data yang akan keluar?
Setiap data yang masuk akan ditambahkan 9 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 1, berapa data yang keluar?
Setiap data yang masuk akan ditambahkan 9 oleh mesin ini. Jika data yang masuk 1, berapa data yang keluar?
Data Masuk | Data Keluar | Data Masuk | Data Keluar |
---|---|---|---|
1 | 1 x4 = 4 | 1 | 1 + 9 = 10 |
7 | 7 x 4 = 28 | 2 | 2 + 9 = 11 |
Jika data yang keluar 12, berapa data yang masuk?
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 1+ 11 = 12 |
2 | 2 + 11 = 13 |
3 | 3 = 11 = 14 |
4 | 4 + 11 = 15 |
5 | 5 + 11 = 16 |
Setiap data yang masuk akan dikalikan 2 dan ditambah 6.
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
2 | 2 x 2 + 6 = 10 |
4 | 4 x 2 + 6 = 14 |
6 | 6 x 2 + 6 = 18 |
8 | 8 x 2 + 6 = 22 |
10 | 10 x 2 + 6 = 26 |
Hubungan antara data masuk dan data keluar pada tabel di bawah ini adalah data masuk ditambah 4 dan dibagi 2. Berilah tanda √pada data yang sesuai!
Data Masuk | Data Keluar | Data Keluar |
---|---|---|
4 | 2 | - |
8 | 4 | - |
16 | 10 | √ |
26 | 15 | √ |
30 | 19 | - |
Hubungan antara data masuk dan data keluar pada tabel di bawah adalah data masuk dibagi 6 dan ditambah 5. Berilah tanda √ pada data yang sesuai!
Data Masuk | Data Keluar | Data Keluar |
---|---|---|
6 | 6 | √ |
12 | 7 | √ |
30 | 10 | √ |
42 | 2 | - |
54 | 15 | - |
Bulan Oktober yang lalu, di SD Kenanga sejumlah siswa terjangkit penyakit campak. Campak adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Berikut ini adalah data siswa yang terjangkit penyakit tersebut selama 4 minggu.
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
1 | 4 |
2 | 8 |
3 | 12 |
4 | 16 |
- Pola apa yang kamu lihat pada kolom pertama (kolom Minggu ke-) pada tabel di atas? (Data masuk x 4)
- Pola apa yang kamu lihat pada kolom kedua (kolom banyak siswa yang terjangkit) pada tabel di atas? (2 x 4 = 8)
- Buatlah prediksi banyak siswa yang mungkin terjangkit penyakit yang sama pada minggu ke-7! (7 x 4 = 28)
- Menurutmu, jika wabah tersebut belum teratasi, pada minggu ke berapakah siswa yang terjangkit penyakit campak tersebut mencapai 48 orang? (48 : 4 = 12)
Amatilah tabel berikut!
Data Masuk | Data Keluar |
---|---|
3 | (3 x 4) - 3 = 9 |
6 | (6 x 4) - 3 = 21 |
9 | (9 x 4) - 3 = 33 |
12 | (12 x 4) - 3 = 45 |
15 | (15 x 4) - 3 = 57 |